Alur Proses Produksi Box Kemasan Makanan

Categories:Uncategorized
admin

Dus makanan saat ini sangat popular karena di gunakan mulai dari restoran cepat saji sampai pedagang kaki lima. Dus makanan digunakan dalam pengemasan makanan untuk take away ataupun yang sedang tren saat ini pemesanan gofood. Tampilan menarik dan rapi pada dus makanan akan memberikan kesan pertama pada pembeli untuk produk makanan tersebut. Selain kesan pertama, dus makanan dapat memberikan informasi seperti komposisi, alamat, kontak dan sebagai media promosi usaha dan makanan itu sendiri. Walaupun akhirnya dus setelah terpakai akan langsung di buang.

Pernahkah anda terbesit tentang proses detail pembuatan dus makanan ini? Jogjakertas merupakan spesialis kemasan dan tas kertas di Indonesia dengan system custom dan made by order. Proses dari awal bahan baku kertas sampai produk kemasan jadi siap pakai.

Bagaimana kah alurnya, yuk simak proses pembuatan dus kemasan di Jogjakertas !

Pemesanan

Pemesanan di JogjaKertas, dapat dilakukan dengan 2 macam cara yaitu pemesanan offline dan online. Untuk offline, customer dapat ke kantor JogjaKertas yang beralamat di Jalan Imogiri Timur km 7 no. 66 Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta. Untuk pelayanan online, dapat memesan melalui website, Instagram, Line dan WhatsApp Jogjakertas. Pelayanan di lakukan pada jam kerja dari pukul 08.00 – 16.00. Kami memiliki 4 Customer Service dengan pelayanan yang informative, ramah dan friendly. Sebelum memesan, jika belum mengerti tentang kemasan dapat berkonsultasi dengan Customer Service kami. Konsultasi kemasan dapat di tanyakan dari bentuk, bahan, ukuran, dan konsep desain yang cocok untuk produk yang ingin di kemas. Setelah mendapat info semua tentang kemasan, Anda perlu membayar Dp sebesar 50% dari jumlah order yang dapat di lakukan via transfer. Langkah selanjutnya masuk ke dalam desain.

Desain

Dalam desain dapat request konsep, font, tulisan yang ingin di cantumkan dalam dus kemasan tersebut. Desainer berperan penting dalam proses pembuatan dus makanan ini, karena tim desainerlah yang akan membuat desain gambar, melayout ukuran dan lekukan, ukuran kertas yang diperlukan dan potongan kertas yang tepat sesuai dengan keinginan customer. Dalam mendesain, kami memberikan Free Desain tanpa tambahan biaya sedikitpun untuk setiap pemesanan kemasan di JogjaKertas.

Plat Film

Dus makanan dicetak menggunakan mesin offset. Mesin offset. Mesin offset adalah mesin dimana gambar yang akan dicetak dipindah dahulu ke dalam plat film. Berbeda dengan mesin print digital yang tinggal tekan tombol print maka akan langsung tercetak ke dalam kertas sesuai gambar yang telah di desainkan sebelumnya.

Setelah desain dan layout ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencetak desain ke dalam plat film offset. Plat ini berbahan dasar seng/alumunium yang berbentuk lembaran. Plat film offset sebagai media cetak desain dus kemasan.

Potong Kertas

Bahan baku utama dari dus kemasan adalah kertas. Jenis kertas yang kami gunakan sebagai dus kemasan yaitu bahan duplek , ivory dan kraft coklat, masing-masing bahan tentu punya proses pengolahan yang berbeda. Setelah menentukan kertas yang akan di gunakan, ukuran dan kuantiti yang di butuhkan. Proses pemotongan disesuaikan dengan ukuran yang di butuhkan.

Proses Cetak

Kertas sudah siap, desain sudah tercetak di plat film, tinta sesuai yang dibutuhkan juga telah siap. Maka langkah utamanya adalah naik ke mesin cetak offset. Proses cetak menggunakan mesin offset yang penggunaanya dengan tinta khusus bertekstur lebih padat serta pencampuran warnanya secara manual. Mesin ini lebih rumitkarena melibatkan banyak proses dan komponen di dalamnya. Warna yang digunakan dalam mesin offset hanya ada empat yaitu CMYK (Cyan, Magenta, Yellow dan Black). Keempat warna inilah yang membuat gambar dengan penyesuaian komposisi yang berbeda untuk tiap hasil yang diinginkan. Karena itu mencetak dengan mesin offset membutuhkan tenaga dengan ketrampilan khusus.

Proses Laminasi

Setelah proses cetak selesai dan kering. Langkah selanjutnya yaitu Proses Laminasi. Laminasi tidak mutlak di setiap pembuatan dus makanan, hanya dilakukan jika pemesan membutuhkan laminasi bagian dalam untuk memberikan aman dan foodgrade bagi makanan tersebut maupun laminasi bagi luar untuk memberikan kesan menarik dan elegan. Jenis laminasi yang kami produksi adalah glossy, doff dan window.

Proses Pond

Setelah laminasi selesai, proses selanjutnya membentuk guratan yang memudahkan kita untuk menekuk dari lembaran menjadi bentuk dus kemasan yang kita inginkan. Proses ini di sebut proses pond. Di proses pond dibutuhkan pisau pond, karena setiap bentuk dan volume dus membutuhkan pisau pond tersendiri. Proses pond yang kami lakukan masih manual oleh tenaga manusia. Setelah lembaran kertas sudah di pond, langkah selanjutnya memotong bagian kertas yang tidak diperlukan agar yang tersisa hanyalah bagian kertas yang tinggal dilipat membentuk dus.

Proses Packing

Proses yang terakhir dilakukan yaitu proses packing. Di tempat packing, kita hitung dan sortir terlebih dahulu dus kemasan yang sesuai ataupun reject. Apabila ada kelebihan stok, Jogjakertas akan memberikan bonus lebih dari kuantiti yang dipesan. Selain itu, kami lampirkan invoice di bagian atasnya dan gift yang bermanfaat untuk customer.

Begitulah proses panjang pembuatan dus kemasan makanan yang kami produksi setiap harinya. Pembuatan kemasan yang ada di JogjaKertas tidak hanya berupa dus makanan saja, tetapi kami juga memproduksi berbagai macam kemasan kertas antara lain Paper tray, Rice Box, Box Takeaway, Box Slide/Slorokan, Box Pisah, Paperbag/Tas Kertas, Kantong Kopi, Kertas Roti, Kantong Foodgrade dan kemasan kertas lainnya.

Perkembangan zaman yang semakin cepat dengan bertambahnya produk-produk kemasan inovatif tentu menjadi pilihan kemasan bagi pebisnis dan UMKM di Indonesia.

.

Author:

Leave a Reply

Your message*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Name*
Email*
Url